Coachella-Elastic-Plastic-Sponge-SCI-Arc-02

Analisa Dampak Positif Dan Negatif Dari Relokasi 90 Perusahaan Di Jakarta Ke Daerah Lain

Latar Belakang Relokasi 90 Perusahaan

            Dunia industri di Indonesia saat ini telah memberikan dampak yang cukup besar bagi perekonomian di Indonesia. Industri di Indonesia merupakan salah satu penyumbang terbesar dalam Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Menurut Kementerian Industri dan Perdagangan sektor manufaktur atau industri di Indonesia menyumbang sekitar 40% dari total Produk Domestik Bruto Indonesia. Dengan demikian, sektor industri dinilai sangat penting untuk pengembangannya di masa depan sebagai upaya untuk peningkatan perekonomian Indonesia.

            Pada beberapa hari yang lalu banyak beredar berita tentang rencana 90 perusahaan yang akan merelokasi lokasi usahanya dari Jakarta ke beberapa daerah di Jawa seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Perusahaan yang akan merelokasi usahanya tersebut merupakan usaha yang tergolong padat karya seperti usaha garmen, tekstil, dan sepatuBerdasarkan hasil review beberapa artikel didapat bahwa alasan utama terkait relokasi 90 perusahaan tersebut adalah karena faktor Upah Minimum Provinsi (UMP). Faktor tingginya Upah Minimum Provinsi (UMP) di Jakarta yang dinilai sangat tinggi akibat kenaikan sebesar 40%, sehingga menyebabkan biaya produksi perusahaan menjadi meningkat, sehingga banyak perusahaan yang tidak sanggup lagi untuk menaggung beban operasional perusahaan di Jakarta yang semakin berat.

            Alasan lain penyebab 90 perusahaan ingin merelokasi usahanya ke beberapa daerah di Jawa adalah karena lebih Upah Minimum Provinsi diluar Jakarta seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur tergolong rendah. Upah Minimum Provinsi di Jakarta saat ini mencapai Rp 2.200.000,- sangat tinggi dibandingkan Upah Minimum Provinsi di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur yang rata-rata hanya dikisaran 1 juta. Sehingga, hal tersebut merupakan hal yang lumrah bagi perusahaan yang mencari keuntungan lebih agar biaya operasional perusahaannya dapat ditekan lebih rendah.

            Selain itu, faktor kelengkapan infrastruktur juga dinilai sudah cukup memadai di ketiga daerah tersebut. Infrastruktur di luar Jakarta, khususnya di pulau Jawa sudah tergolong cukup baik dan hanya dibutuhkan beberapa perbaikan agar lebih sempurna lagi. Fasilitas jalan utama seperti jalan tol sudah tersedia di beberapa lokasi di ketiga daerah tersebut, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Dengan demikian hambatan dari segi infrastruktur dinilai tidak akan mengganggu aktivitas perusahaan dan hal tersebut menjadi nilai lebih bagi pengembangan prospek perusahaan untuk mencari keuntungan diluar Jakarta.

Dampak Positif Yang Akan Didapat Dari Relokasi 90 Perusahaan

            Rencana relokasi 90 perusahaan garmen, tekstil, dan sepatu di Jakarta ke beberapa daerah di Jawa merupakan salah satu strategi perusahaan untuk menekan peningkatan beban operasional perusahaan. Penyebab dari peningkatan tersebut adalah Upah Minimum Provinsi DKI Jakarta yang sangat tinggi. Dengan demikian, jika perusahaan memindahkan lokasi perusahaanya ke daerah atau provinsi yang memiliki Upah Minimum Provinsi yang lebih rendah akan menekan biaya operasional perusahaan. Dengan Upah Minimum Provinsi Jakarta sebesar Rp 2.200.000,- sedangkan di tiga provinsi yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur yang hanya di kisaran 1 juta, akan menghasilkan efisiensi biaya operasional perusahaan yang cukup signifikan.

            Dampak positif lainnya yang didapat dari relokasi 90 perusahaan di Jakarta ke daerah-daerah di pulau Jawa adalah peningkatan perekonomian di daerah tersebut. Jika rencana relokasi 90 perusahaan dapat direlisasikan, maka sektor industri di ketiga daerah tersebut akan meningkat. Peningkatan produksi barang dan jasa di sektor industri akan meningkatkan Pendapatan Domestik Bruto di ketiga daerah tersebut. Selain Pendapatan Domestik Bruto daerah tersebut meningkat, PAD atau Pendapatan Asli Daerah juga akan meningkat. Peningkatan tersebut terjadi karena penghasilan pajak dari jumlah perusahaan yang bertambah di daerah tersebut akan berdampak pada peningkatan PAD di ketiga daerah tersebut.

            Selain itu, dengan adanya relokasi 90 perusahaan tersebut ke beberapa daerah di Jawa, maka akan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitar daerah tersebut. Dengan begitu pemerintah daerah di ketiga daerah tersebut akan dapat menekan jumlah pengangguran di daerahnya. Selain pengangguran akan berkurang, kehadiran perusahaan-perusahaan tersebut akan meningkatkan mutu dan skill dari Sumber Daya Manusia di daerah sekitar. Hal ini dikarenakan perusahaan akan membutuhkan tenaga-tenaga ahli dalam bidangnya untuk melakukan proses produksi perusahaan.

            Kehadiran 90 perusahaan di beberapa daerah tersebut juga akan berdampak positif terhadap pengembangan industri di daerah-daerah kecil. Dimana, akan terjadi pengelompokan dari industri-industri yang tadinya dikuasai oleh kota-kota besar di Indonesia. Dengan begitu, kelompok industri yang tergolong besar seperti industri otomotif, elektronik, pertambangan, logam, bank, dan jasa. Sedangkan kelompok industri yang tergolong kecil seperti industri padat karya, dapat dikembangkan di kota-kota kecil. Sehingga, setiap kota di Indonesia bida mengambil peran masing-masing dalam meningkatkan industri di Indonesia.

Dampak Negatif Yang Akan Didapat Dari Relokasi 90 Perusahaan

            Adapun dampak negatif yang paling utama dar relokasi 90 perusahaan di Jakarta ke daerah-daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur adalah menyebabkan pengangguran bagi pekerja di 90 perusahaan. Hal tersebut dapat terjadi karena perusahaan yang melakukan relokasi hanya membawa faktor-faktor penting dalam produksi perusahaan seperti manajer dan direktur perusahaan, namun tidak membawa para pekerja perusahaan. Sehingga, dampaknya pengangguran di provinsi DKI Jakarta akan semakin meningkat.

            Menurut Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sofyan Wanandi, proses relokasi yang akan dilakukan oleh 90 perusahaan akan menyebabkan pengangguran bagi pekerja di perusahaan tersebut. Jika masing-masing perusahaan memiliki pekerja rata-rata sebanyak 500 orang, maka jumlah pekerja yang akan menganggur mencapai 45.000 orang. Hal tersebut tentu akan menciptakan masalah baru bagi pengentasan masalah pengangguran di Jakarta. Oleh karena itu, perlu dilakukan diskusi yang lebih mendalam antara perusahaan dan pemerintah DKI Jakarta agar mencari solusi terbaik emngatasi masalah tersebut.

            Dari hasil analisa dampak positif dan negatif yang telah dijelaskan diatas, dapat disimpulkan bahwa dampak positif yang akan didapatkan dari proses relokasi 90 perusahaan tersebut lebih banyak dibandingkan dampak negatif yang diterima. Namun, pemerintah daerah setempat (Pemerintah DKI Jakarta) seharusnya saling berdiskusi terebih dahulu, agar dampak negatif yang ditimbulkan dapat diatasi dengan baik. Misalnya pihak perusahaan dan pemerintah Jakarta menyediakan lapangan pekerjaan baru bagi pekerja yang akan menganggur, sehingga semua pihak untung dan tidak ada yang dirugikan.

Sumber

 

www.kompas.com/90.Perusahaan.Relokasi.ke.Daerah.Ini.Tanggapan.Menperin.html

www.detik.com/90-industri-jabodetabek-relokasi-ke-daerah-ini-tanggapan-ms-hidayat.html

www.detik.com/90-perusahaan-cabut-dari-dki-45-ribu-orang-terancam-menganggur.html

www.koran-jakarta.com/115184.html

www.tribunjakarta.com/jokowi-persilakan-pengusaha-relokasi-pabriknya-ke-daerah.html

www.poskotanews.com/PuluhanPerusahaanPilihPindahkeJatengdanJatimPoskotaNews.html

www.indonesiatoday.com/upah-buruh-naik-90-perusahaan-dki-hengkang-ke-daerah.html

www.rakyatmerdekaonline.com/Wah,-99-Perusahaan-Kabur-Dari-Ibukota-.html

www.kotakota-news.blogspot.com/kpsi-hengkangnya-90-perusahaan-ciptakan.html

www.kaskus.co.id/said-iqbal-90-perusahaan-hengkang-dr-jakarta-wajar-buruh-ikut-atau-cari-kerja-lagi.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s