lotus-1-600x400

Manfaat Adanya Kesepakatan Pembukaan Country Gateway Office atau Kantor Perwakilan Baru IDB di Indonesia.

Latar Belakang Adanya Kesepakatan

            Islamic Development Bank atau Bank Pembangunan Islam adalah lembaga keuangan multilateral yag didirikan pada tahun 1975 (1392 H) oleh Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk membantu meningkatkan kualitas kehidupan sosial ekonomi negara-negara anggotanya yang merupakan negara yang mayoritasnya berpenduduk muslim ataupun negara yang memiliki penduduk muslim tetapi bukan negara berdasarkan prinsip-prinsip Islami/Syariah. IDB sendiri merupakan salah satu entitas perusahaan dari IDB Group yang terdiri dari Islamic Corporation for the Development of the Private Sector (ICT), Islamic Corporation for the Insurance of Investment and Export (ICIEC), International Islamic Trade Finance Corporation (ITFC), dan Islamic Research and Training Institute (IRTI). IDB Group sendiri saat ini hanya memiliki 4 Kantor Regional IDB yang berada di Malaysia, Maroko, Senegal, dan Kazakhstan, dan empat belas Field Representative IDB dimana salah satunya berada di Indonesia.

            Tepat pada hari Kamis tanggal 28 Februari 2013 di Jakarta, Menteri Keuangan RI dan Ketua Islamic Development Bank (IDB) Group bersama-sama menandatangani kesepakatan sebagai Host Country Agreement (HCA) atas pendirian Country Gateway Office atau Kantor Perwkilan Baru di Jakarta. Pendirian Kantor Perwakilan baru di Jakarta merupakan bentuk kesepakatan bersama dari anggota IDB Group  dengan mendirikan CGO di 5 negara untuk medukung pencapaian visi 1440 H. Visi IDB pada tahun 1440 H adalah ingin menjadikan IDB sebagai bank pembangunan kelas dunia yang berdasarkan prinsip syariah Islam.

             Pembukaan Kantor Perwakilan Baru di Jakarta dinilai sangat penting karena Indonesia merupakan negara pengutang IDB terbesar di antara negara-negara anggota lainnya. Sampai sekarang, hutang Indonesia pada IDB telah mencapai Rp 30 Triliun, dimana dana tersebut sebagian besar digunakan untuk pembangunan dan pengentasan kemiskinan di Indonesia. Berdasarkan data dari IDB, Indonesia menempati urutan pertama untuk bantuan disektor pendidikan dan administrasi publik. Untuk bantuan disektor pertanian Indonesia berada di urutan kedua dan untuk bantuan kesehatan Indonesia berada di urutan ketiga. Selain itu, saat ini Indonesia merupakan negara anggoata IDB dengan kepemilikan modla sebesar 2,7 persen dan tercatat sebagai negara terbesar penerima bantuan dana dari pihak IDB dibandingkan negara lainnya. Dengan adanya latar belakang tersebut, maka Indonesia dipastikan sangat layak sebagai tujuan IDB untuk membangun Kantor Perwakilan Barunya.

            Selain itu, menurut Staf Khusus Presiden Di Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Firmanzah menjelaskan bahwa IDB memandang Indonesia merupakan salah satu mitra strategis diantara negara-negara anggota IDB lainnya selain Turki. Alasan lainnya adalah, bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia dinilai sangat baik dan terus tumbuh, konsumsi atau daya beli masyarakat yang terus meiningkat, situasi makroekonomi yang stabil, laju inflasi yang stabil, dan yang paling utama adalah kejelasan pembangunan infrastruktur pemerintah Indonesia melalui MP3EI. Faktor-faktor yang tersebut merupakan alasan paling utama mengapa IDB berencana untuk membangun Kantor Perwakilan Barunya di Indonesia.

Analisis Manfaat Pembukaan Kantor Perwakilan Baru IDB Bagi Indonesia

            Berdasarkan laporan Keterangan Pers dari Kementrian Keuangan, banyak manfaat yang akan didapat dari adanya kesepakatan pembukaan Kantor Perwakilan Baru oleh IDB di Indonesia. Manfaat tersebut bisa didapatkan oleh kedua belah pihak baik dari Indonesia maupun pihak IDB sendiri. Bagi pihak Indonesia, dengan dibukanya Kantor Perwakilan Baru IDB di Jakarta tentu segala urusan yang berkaitan dengan IDB akan semakin mudah karena akan didelegasikan di Jakarta, tidak lagi harus ke Jeddah yang merupakan kantor pusat dari IDB. Sedangkan bagi pihak IDB sendiri, dengan adanya kesepakatan tersebut pihak IDB akan dapat mengambil peran lebih besar lagi dalam pembiayaan pembangunan di Indonesia, baik di sektor publik maupun sektor privat.

            Jika dilihat dari jumlah portofolionya, peran IDB di Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan bank pembangunan lainnya yang ada di Indonesia. Di Indonesia sendiri, IDB merupakan bank mitra Indonesia paling utama dalam pembiayaan syariah dan menempati urutan ketiga dalam hal pembiayaan pembangunan dari APBN setelah Bank Dunia (World Bank) dan Bank Pembangunan Asia (ADB). Namun, jika melihat dari sektor swasta, IDB masih tergolong rendah dalam hal pembiayaannya dibandingkan bank-bank pembangunan lainnya terutama Bank Dunia. Berdasarkan keterangan dari Menteri Keuangan Agus Martowardojo menjelaskan bahwa sekitar 54 persen total utang Indonesia ke IDB digunakan untuk pembangunan sektor publik. Sementara sekitar 41 persen digunakan pemerintah untuk pembiayaan perdagangan Internasional dan sisanya 5 persen untuk pengembangan sektor swasta.

            Dengan adanya Kantor Perwakilan Baru IDB di Jakarta diharapkan akan meningkatkan kerjasama IDB dengan Indonesia. Selian itu, diharapkan juga jika pembiayaan APBN berasal dari pembiayaan IDB yang sesuai dengan prisnsip-prinsip syariah maka akan menjadi lebih optimal, efisien, dan dan efektif. Sedangkan dari sektor swasta, emiten-emiten dari IDB Group seperti ICD, ICIEC, dan ITFC dapat menerapkan pembiayaan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah/islam sehingga sektor swasta nasional bisa lebih berkembang. Selain itu, dengan adanya IRTI sebagai salah satu entitas IDB Group akan dapat meningkatkan bidang pendidikan dan riset maupun teknologi di Indonesia, sehingga sumber daya manusia Indonesia akan semakin meningkat dan hal ini sesuai dengan prinsip yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehindupan bangsa.

            Menurut Staf Ahli Presiden Di Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Firmanzah, menjelaskan bahwa dengan adanya IDB maka akan memudahkan pendanaan dan penjaminan proyek-proyek yang akan dilakukan IDB. Salah satu contohnya adalah proyek capacity building di Nigeria. Dalam proyek tersebut, IDB mengajak ahli sejumlah tenaga ahli dari Indonesia untuk untuk membantu pelatihan mengenai sistem irigasi di Nigeria. Sehingga, dengan adanya Kantor Perwakilan Baru IDB di Indonesia diharapkan informasi, dan peluang-peluang kerjasama antara IDB dengan Indonesia akan semakin lancar karena tidak semua negara memiliki kantor perwakilan IDB. Sedangkan menurut Kepala BPKM Muhammad Chatib Basri menjelaskan bahwa pembukaan Kantor Perwakilan Baru IDB di Indonesia sebagai bukti bahwa pihak IDB tertarik dengan pembiayaan investasi yang besar di Indonesia.

            Dari hasil analsis diatas kita dapat simpulkan bahwa banyak pihak yang setuju dan optimis akan adanya proyek IDB untuk membuka Kantor Perwakilan Baru di Indonesia. Keuntungan yang didapat tidak hanya satu pihak saja, pihak IDB dan Indonesia sama-sama saling menguntungkan. Sehingga, pembukaan Kantor Perwakilan IDB di Indonesia akan membantu Indonesia terutama dalam pengembangan pembiayaan sesuai prinsip syariah

Sumber

Data Web :

www.beritabaru.com/53227-menkeu-kontribusi-idb-ke-indonesia.html

www.antaranews.com/bank-pembangunan-islam-resmikan-kantor-di-indonesia.html

www.sekretariatkabinet.go.id/berita-7265-presiden-berharap-idb-tingkatkan-peran-di-indonesia.html

www.jurnalnasional.com/Ekonomi.html

www.tempo.co/Indonesia-Penerima-Bantuan-IDB-Terbesar.html

www.bisnisindonesia.com/lembaga-keuangan-ri-and-idb-dirikan-cgo-di-indonesia.html

www.plasmamsn.com/ri-gandeng-idb-kembangkan-sektor-publik-dan-swasta.html

www.detik.com/ri-jadi-pengutang-terbesar-idb-pindahkan-kantornya-ke-jakarta.html

www.merdeka.com/total-utang-indonesia-ke-idb-capai-rp-30-triliun.html

Data PDF :

www.depkeu.go.id/ind/Data/Siaran_Pers/KP_280213.pdf

www.journal.uii.ac.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s