LOGO-WI-ITB-BERLIN

Optimisme Peningkatan Industri Pariwisata Di Indonesia Melalui Promosi Pariwisata Indonesia Sebagai Negara Mitra di ITB Berlin 2013

Perkembangan Pariwisata Di Indonesia

            Industri Pariwisata merupakan salah satu sektor strategis dalam pembangunan di Indonesia. Pariwisata sekarang sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang disebabkan karena meningkatnya pendapatan perkapita dari tahun-ketahun. Pariwisata dapat memberkan manfaat bagi sebuah negara. Hal ini karena jika industri pariwisata sebuah negara meningkat, maka berpengaruh terhadap peningkatan infrastruktur dan perekonomian masyarakat di negara tersebut. Sebagai contoh, jika industri pariwisata meningkat maka dibutuhkan juga peningkatan pada pembangunan dan perbaikan pelabuhan (udara dan laut), jalan-jalan, transportasi, program-program kebersihan, serta fasilitas wisata.

Menurut World Tourism Organization 2020 Vision menyatakan bahwa pada tahun 2012 pertumbuhan pariwisata dunia saat ini rata-rata sebesar 4,1% dan pada tahun 2010 wisatawan global akan meningkat sebesar 1.006,4 juta orang. Sedangkan pada tahun 2020 diperkirakan akan meningkat menjadi 1561,1 juta orang dengan pertumbuhan tertinggi di Asia Pasifik sebesar 6,5%. Di tahun 2012, tercatat pertumbuhan pariwisata di Indonesia sebesar 3,8%.

Walaupun di tahun 2012 pertumbuhan pariwisata di Indonesia menurun, namun masih lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan pariwisata dunia yaitu sebesar 5%. Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pada akhir tahun 2012 pertumbuhan pariwisata Indonesia tercatat sebesar 5,01% atau sebanyak 7.277.496 orang. Namun, pariwisata di Indonesia masih kalah jika dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara. Berdasarkan laporan World Economic Forum “ The ASEAN Travel & Tourism Competitiveness Report 2012”  Indonesia menempati peringkat ke lima, sedangkan peringkat pertama dan keempat dimiliki oleh Malaysia, Thailand, Singapura, dan Brunei. Bahkan Malaysia menempati urutan ke sembilan dalam hal jumlah wiatawan terbanyak didunia.

Indonesia Sebagai Official Country Partner di ITB Berlin 2013

            ITB Berlin (Internationale Torismus Börse Berlin) 2013 merupakan sebuah even pameran pariwisata terbesar di dunia yang diselenggarakan di Berlin, Jerman. Pada tahun 2013 Indonesia didaulat sebagai negara mitra strategis di ITB Berlin 2013. Setidaknya terdapat 190 negara dari berbagai belahan dunia yang ikut dalam mempromosikan pariwisatanya di ITB Berlin 2013 dan Indonesia merupakan negara pertama yang menjadi Official Country Partner di Asia. Dengan predikat sebagai negara mitra, maka Indonesia berhak mendapatkan beberapa keistimewaan dalam pameran ITB Berlin 2013. Beberapa keistimewaan tersebut diantaranya Indonesia berhak menempatkan poster-poster bertemakan pariwisata Indonesia di tempat-tempat publik kota Berlin. Selain itu, Paviliun yang ditempati oleh Indonesia dalam pameran di Messe Berlin merupakan paviliun paling strategis dari sisi letak dan paling besar diantara negara-negara lainnya yang mengikuti pameran tersebut.

Tepat pada tanggal 5 Maret 2013 pameran ITB Berlin dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama dengan Kanselir Jerman Angela Merkel. Pada malam pembukaan tersebut, Indonesia tampil total dalam melakukan pengenalan wisata di Indonesia. Sebanyak 4.500 undangan dan lebih dari 100 wartawan hadir pada malam pembukaan ITB Berlin 2013. Presiden SBY menjelaskan bahwa Indonesia merupakan tempat wisata yang sangat lengkap. Presiden SBY menyatakan bahwa pariwisara Indonesia tidak hanya di Bali. Indonesia memiliki Candi Borobudur yang merupakan Candi Buddha terbesar di dunia. Selain itu, Presiden SBY juga menjelaskan beberapa tempat wisata seperti Taman Nasional Komodo, Kepulauan Raja Ampat, Derawan, Bunaken, Wakatobi, dan Sumatera.

Dampak Signifikan Pada Peningkatan Pariwisata Di Indonesia

Pemerintah menyatakan akan optimis terhadap keuntungan yang akan didapatkan Indonesia sebagai Oficial Partner Country di ITB Berlin 2013. Menurut Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonom Kreatif Sapta Winandar menyatakan bahwa nilai transaksi yang didapat oleh Indonesia selama mengikuti ITB Berlin 2013 bisa naik 50% dibandingkan tahun 2012 yang mencapai Rp 2,14 Triliun. Hal ini dikarenakan keistimewaan yang didapat oleh Indonesia dalam ITB Berlin 2013 dan peningkatan jumlah peserta menjadi 190 negara. Promosi di Industri pariwisata tergolong dalam investasi, dan Indonesia mengeluarkan biaya sebesar Rp 60 Miliar untuk mengikuti acara tersebut. Namun menurut Sapta, biaya yang dikeluarkan tidak sebanding dengan nilai transaksi yang diharapkan sebesar Rp 2,6 Triliun.

Selain itu, diharapkan jumlah wisatawan yang berkunjung di Indonesia akan meningkat setelah mengikuti ITB Berlin 2013. Menurut Sapta target wisatawan saat ini mencapai 8,6 juta orang dan bisa lebih hingga mencapai 9 juta orang. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan sebesar 8 hingga 10 persen selama Indonesia mengikuti pameran tersebut. Pemerintah Jerman juga akan meningkatkan investasi khususnya di bidang wisata Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari penandatangan kesepakatan kerjasama antara perusahaan Panorama Group dengan Carlson Rezidor. Kesepakatan tersebut berupa pembangunan Hotel Carlson Rezidor di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan demikian, diharapkan keistimewaan yang didapat Indonesia sebagai Official Country Partner di ITB Berlin 2013 akan menjadi momen bagi kebangkitan industri pariwisata di Indonesia, sehingga industri pariwisata dapat menjadi salah satu sektor andalan dalam pembangunan.

Sumber

Situs Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia

www.hariananalisa.com/JermanPerbesarInvestasidiIndonesiaJelangITB-HarianAnalisa.html www.indonesiatourismnews.com/penampilan-memukau-indonesia-di-itb-berlin-2013.html www.tempo.co/RI-Bidik-Rp-364-Triliun-di-Bursa-Wisata-Berlin.html

www.okezone.com/jadi-official-partner-itb-berlin-2013-indonesia-dapat-apa.html

www.kompas.com/TransaksiITBBerlinDiperkirakanNaik20Persen%.html

www.kompas.com/Setelah.Mengikuti.ITB.Berlin.Kunjungan.Turis.Meningkat.html

www.kompas.com/Presiden.Yudhoyono.Apresiasi.Penyelenggaraan.ITB.Berlin.html

www.kompas.com/Presiden.Promosikan.Pariwisata.Indonesia.di.Berlin.html

www.kompas.com/Jerman.Tambah.Investasi.di.Indonesia.html

www.kompas.com/Indonesia.Akan.Tampil.Total.di.ITB.Berlin.htm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s